Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Agar Kamu Kian Percaya Diri Bermain Futsal

Siapa lawan yang tak takut ketika menghadapi pemain yang percaya diri? Tidak cuma mengintimidasi lawan dan membuat timnya unggul secara mental, pemain yang percaya diri cenderung bermain baik sebab bisa mengeluarkan seluruh kesanggupannya. Rasa percaya diri malah dikatakan memiliki efek sama seperti dopping pada atlet.

Percuma kalau Anda memiliki talenta main futsal kalau tak percaya diri. Kemampuan yang sesungguhnya jadi terpendam dan dunia tak bisa memandangnya. Untungnya, percaya diri ialah kesanggupan yang bisa dilatih. Sama seperti teknik passing, percaya diri harus dilatih di setiap-setiap sesi latihan malah di luar latihan. Tidak ada pemain yang tiba - tiba percaya diri. Berikut ialah opsi agar Anda percaya diri di lapangan:

1. FOKUS PADA YANG DAPAT DIKONTROL, BERHENTI MEMBANDINGKAN.

Langkah pertama yang bisa dilaksanakan ialah fokus pada diri Anda. Bukan membandingkan diri dengan lawan, sahabat yang posisinya sama denganmu, atau supporter siapa yang lebih banyak. Memang, kita memiliki kecenderungan membandingkan diri dengan orang lain. Akan tapi, kian dibandingkan, kian Anda menemukan hal-hal yang mungkin mereka miliki dan Anda tak, dan itu bisa membuat down.

2. KETAHUI KELEBIHANMU

Ya, mungkin mereka lebih mahir di sebagian hal. Kalau dipikir sebaliknya, berarti Anda juga punya sesuatu yang lebih dibandingkan mereka kan? Pasti ada sesuatu yang Anda punya dan bisa Anda lakukan. Mengetahui bahwa Anda sanggup mengerjakan sesuatu, sekecil apa malah, akan membuat Anda kian percaya diri.

Tanyakan pada coach apa potensi yang dia lihat dalam dirimu. Tanya pada sahabat apa yang mereka andalkan/kagumi dari dirimu. Malahan, tanyakan pada lawanmu apa yang tim musuh waspadai dari dirimu.

3. LATIH DAN MAINKAN KELEBIHANMU

Mengenali kelebihan ialah langkah permulaan. Kini Anda tahu apa yang harus dilatih. Kian Anda merajai dan berkembang dalam area hal yang demikian, Anda akan kian percaya diri.

Kalau ini berlaku seperti lingkaran. Seiring meningkatnya percaya diri, ketakutan Anda berkurang, Anda akan lebih berani untuk mengulang skill hal yang demikian sehingga akan kian kompeten, dan seterusnya. Konsep ini diketahui sebagai “Competence-Confidence Loop”. Dengan kata lain, mahir dan pede akan saling berbarengan selama Anda mengerjakan sesuatu.
Ingat,

Ingat, yang penting ialah untuk terus belajar. Hati – hati terjebak dengan merasa terlalu mahir sehingga menjadi besar kepala. Selalu rendah hati , selalu ada langit di atas langit. Amati ada ruang untuk dikembangkan.

4. UBAH POSTURMU

Tetap sikap tubuh pemain di tim yang nilai nya tertinggal jauh atau keok: Tetapi ke bawah, bahu tertekuk, lesu. Rasa minder membuat tubuh mereka secara otomatis bersikap seperti itu. Pikiran memberi akibat perawakan tubuh.  sebaliknya, Anda juga bisa mengakali pikiran Anda untuk merasa percaya diri dengan merubah perawakan tubuh. Caranya? Lihatlah pemain yang berdasarkan Anda percaya diri, dan tiru.

5. INGAT MOMEN YANG POWERFUL

Merasa aneh dan susah untuk mengoreksi sikap tubuh? Bayangkan kenangan positif yang kuat di masa lalu sebagai tim atau pemain. Dengan visualisasi, Anda bisa memancing rasa percaya diri dan sikap tubuh juga otomatis mengikuti.

Post a Comment for "Tips Agar Kamu Kian Percaya Diri Bermain Futsal"