Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pemain Futsal Wajib Mengetahui Tips Menjaga Stamina

Olahraga yang saat ini sangat digemari oleh banyak kalangan ialah Futsal. Olahraga ini dapat dimainkan oleh kaum muda ataupun yang sudah berumur asalkan masih mampu dalam bermain futsal. Lapangan futsal pun sudah tersebar ke berbagai daerah di Indonesia.

Lapangan Futsal memiliki ukuran lapangan yang lebih kecil dari lapangan sepakbola. Oleh karena itu, dalam bermain futsal juga dapat membuat pergerakan pemain akan menjadi nonstop dan akan cepat letih. Maka sangat dianjurkan dalam bermain futsal untuk memiliki pemain cadangan yang akan menggantikan.

Sebenarnya terdapat trik untuk menghemat energi. Dengan strategi yang baik, maka pemain dapat menjaga stamina hingga permainan selesai.

Asisten Pelatih Timnas Indonesia, Coach Sayan Karmadi memiliki tips khusus agar stamina pemain terjaga selama pertandingan berlangsung.

"Setiap pemain harus lebih efektif dalam bermain," kata Coach Sayan.

Permainan yang efektif, lanjut pria kelahiran Bekasi 20 April 1984 itu, adalah pemain bisa mengkondisikan situasi dan kondisi di dalam lapangan dengan sebaik-baiknya. Dengan demikian, stamina terjaga, begitu juga kinerja tim secara kolektif.

"Seperti pemain harus tahu kapan harus menggunakan kemampuannya, kapan dengan skill individu, kapan dengan tim atau kombinasi. Nah itu juga yang harus dan penting untuk mengatur staminanya itu," ungkap Coach Sayan.

Untuk bisa maksimal dalam menjaga stamina, harus dimulai juga saat latihan. Menurut pria yang meraih Lisensi Pelatih AFC Futsal Level 2 pada 2017 ini, dengan mulai menjaga stamina saat berlatih, maka pemain akan terbiasa menjaga stamina saat bertanding.

1 comment for "Pemain Futsal Wajib Mengetahui Tips Menjaga Stamina"