Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pahamilah Cara Membersihkan Sepatu Bola


Sepak bola merupakan salah satu olahraga dengan peminat terbanyak di seluruh dunia. Aktivitas fisik yang penuh adrenalin dan kompetisi yang sengit membuat olahraga ini semakin digemari. 

Demi performa yang sempurna, sepatu bola harusdirawat dengan baik. Mau tahu bagaimana cara merawat sepatu sepak bola? Berikut beberapa hal yang harus diketahui saat merawat sepatu bola. Diantaranya ialah sebagai berikut

1. Bersihkan sepatu setelah dipakai

Olahraga sepak bola dilakukan di lapangan rumput terbuka, maka pasti akan menimbulkan banyak kotoran yang menempel di sepatu hingga anggota tubuh. Karena itulah, sudah waktunya sepatu sepak bola dicuci sehabis memakainya. Mencuci sepatu setelah dipakai dapat mempermudah membersihkan lumpur, tanah, debu, dan kotoran lain hingga tidak meninggalkan sisa apalagi noda kecokelatan. 

2. Cuci sepatu dan sol dalam sepatu secara terpisah

Saat mencucinya sepatu maka harus memisahkan bagian dalam sol sepatu dengan luarnya. Jika mencuci keduanya secara bersamaan, kondisi sepatu akan mudah rusak. Sebab proses pencucian kedua bagian sepatu itu berbeda. Bagian luar sepatu dicuci dengan bantuan sikat kecil, sedangkan bagian dalam sol sepatu bisa dicuci dengan mesin cuci. 

3. Gunakan detergen dan air hangat untuk mencucinya

Untuk mencuci sepatu sepak bola, bisa menggunakan detergen dengan campuran air hangat, agar semakin mudah membersihkannya. Detergen yang digunakan sebaiknya tidak terlalu banyak, agar  gak kesulitan saat membilasnya. Jangan lupa juga untuk memperhatikan suhu air. Air yang dipakai mencuci jangan terlalu panas, agar tidak merusak bahan pada sepatu. 

4. Jangan mengeringkan sepatu dengan hairdryer atau menjemur di bawah terik sinar matahari

Sepatu sepak bola yang masih lembap, jangan dikeringkan menggunakan hair dryer. Suhu panas yang terlalu tinggi bukan hanya bisa merusak bahan sepatu, namun juga akan membuat sepatu menjadi terlalu kering, sehingga mudah rusak dan robek. 

Hal tersebut juga akan dialami sepatu bola yang dijemur di bawah terik sinar matahari langsung. Lebih baik, jemur sepatu di tempat yang sejuk, cukup dengan diangin-anginkan hingga kering secara merata. 

5. Simpan sepatu di tempat yang terbuka

Cara penyimpanan sepatu bola yang paling tepat adalah dengan meletakkannya di tempat terbuka, agar sepatu tidak lembap dan tetap lentur. Namun, hindari menyimpan di tempat terbuka yang langsung terpapar sinar matahari. 

Post a Comment for "Pahamilah Cara Membersihkan Sepatu Bola"