Cara Mengatasi Demam Panggung Saat Bertanding Sepak Bola

Tambnas     March 31, 2021    







Demam panggung saat bermain sepakbola pastilah pernah di rasakan oleh kebanyakan orang. Perasaan yang tidak menentu mengakibatkan menurunnya keyakinan serta kemampuan kita akan menurun drastis, demam panggung bisa terjadi pada kondisi apapun baik ketika tampil di panggung maupun saat menampilkan atraksi.

Perasaan demam panggung akan menjadi hal yang memberatkan pada tampil. Masalah ini akan lebih baik jika mengetahui cara dalam mengatasinya. 

Demam panggung sering terjadi pada pemain, walaupun itu pemain yang sudah berpengalaman. Pemain yang mengalami hal ini tidak akan bisa bermain dengan baik dan maksimal.

Penyebab demam panggung bangak terjadi pada beberapa faktor diantaranya, karena tekanan yang ada oleh lawan, tidak percaya diri pada kemampuan diri sendiri, banyaknya penonton yang ada, penguasaan materi yang kurang dan masih banyak yang lainnya.

Ciri-ciri orang yang mengalami emam panggung adalah : 
Jantung berdetak kencang
Tangan berkeringat
Rasa gelisah tinggi
Ingin buang air terus-menerus
Perasaan tak tenang
Pipi merah dan lain –lain

Cara Mengatasi demam panggung 

Pahami perasaan grogi dengan energi positif

Ketika mengalami dada berdebar dan bibir bergetar, posisi seperti itu maka yang harus dilakukan dengan berfikir positif dan menjadikan bahan bakar yang mendorong penampilan.

Bersikaplah nothing to loose

Keinginan dalam melakukan hal baik dan ingin segera selesai itu dapat memunculkan perasaan grogi. Pikiran yang memiliki beban untuk menghindari dalam berbuat kesalahan, kekhawatiran akan gagal dan kecemasan bila melakukan kekonyolan.

Sebelum bisa mengendalikan energi grogi secara positif, terlebih dahulu harus menetralisir emosi negatif. Ketika melihat banyak penonton yang menyaksikan pertandingan, anggap penonton tersebut tidak ada, anggaplah yang ada diri sendiri dan hiraukanlah sorak penonton.

Tenangkan diri

Aturlah nafas pada diri saat sebelum tampil dengan cara menarik nafas sedalam-dalamnya dan keluarkan lambat-lambat sambil menenangkan pikiran dan emosi.

Bergerak aktif

Jangan biarkan diri terlena atau larut dengan demam panggung karena itu berakibat sangat fatal yang akan menurunkan semua kemampuan.  Ketika demam panggung datang usahakan permainan selalu bergerak aktif tanpa menghiraukan sorak-sorak penonton dan tidak memperdulikan kemampuan lawan. Percayakan pada kemampuan diri yang dimiliki.

Jangan saling menyalahkan teman

Jangan pernah menyalahkan seorang teman yang ketika bermain melakukan kesalahan, hal ini akan semakin menurunkan mental mereka. Sebaiknya memberikan support kepada mereka agar mereka segera bangkit menjadi diri mereka yang maksimal.

0 komentar :

About us

Common

FAQ's

FAQ's

© 2011-2014 ZONAINFOBOLA. Designed by Bloggertheme9. Powered by Blogger.