Cara Melatih Salto Sepakbola

Tambnas     April 01, 2021    





Dengan punggung membelakangi gawang, ketika menerima umpan silang yang sempurna maka dapat melakukan tendangan salto tersebut. Pemain yang menggunakan tendangan salto untuk mengubah umpan yang indah menjadi hal yang menakutkan bagi lawan. Tendangan salto itu apabila berhasil bisa menjadikanny tendangan yang sangat indah.

Mempelajari beberapa dasar tendangan salto  dan mengetahui cara mempelajarinya dengan benar dan mencari kesempatan yang tepat dalam pertandingan sepak bola.

Untuk melakukan tendangan salto  maka harus menjatuhkan badan berlawanan dengan arah dan menendang bola di atas kepala.

Jika berhasil melakukannya maka akan menjadi spektakuler, karena melakukannya dengan melihat ke arah lain. Tendangan salto biasanya terjadi di kotak penalti, setelah mendapatkan umpan silang atau umpan lambung.

Tendangan salto jarang dilakukan oleh para pemain bola karena tendangan jni menunggu momen yang tepat.

Saat melakukan tendangan salto sangat disarankan menggunakan kaki terkuat. 

Hal pertama untuk memulai tendangan salto yaitu dengan lipat lutut pada kaki yang tidak dominan dan lakukan tumpuan pada tanah dengan kaki terkuat.

Semakin tinggi dapat melipat lutut pada kaki yang tidak dominan maka akan membantu untuk mendapatkan momentum yang diperlukan untuk mengangkat kaki dominan saat menendang.

Tergantung pada posisi di lapangan dan seberapa dekat dengan bola, maka dapat menendang dengan kaki mana pun, tapi perlu melompat dengan dengan kaki yang akan gunakan untuk menendang.

Jatuhkan kepala dan punggung ada ke belakang. Ketika mengangkat kaki, jatuhkan badan ke belakang untuk mendapatkan momentum, sama seperti ketika menghindari bola dan menjatuhkan badan ke belakang menyentuh tanah.

Jangan terlalu cepat dalam menjatuhkan kepala, atau menjatuhkan badan secara menyeluruh sambil fokus pada tendangan dan sentuhan terhadap bola.

Angkatlah kaki yang digunakan untuk menendang ketika mulai terjatuh. Ketika anda menjatuhkan diri, “kayuhlah” kaki, turunkan kembali kaki yang tidak menendang ke bawah ke arah tanah, dan naikkan kaki yang gunakan untuk menendang, yang digunakan untuk melompat, mengarah ke bola.

Gerakan kaki ini merupakan sebab tendangan ini mendapatkan namanya, menggunakan kaki lemah sebagai pendorong dan mendorong untuk dapat menendang ke belakang.

Saat menendang bola, gunakan punggung kaki agar mendapatkan tendangan yang keras. Jika memungkinkan, arahkan bola lurus searah dengan kepala dan ke arah belakang. Idealnya menendang pada bagian samping bola agar dapat mengarah ke gawang, bukan bagian bawah bola, karena akan membuat tendangan mengarah ke udara.

Saat melakukan tendangan salto sangat tidak mudah, hal ini lah yang membuat mengapa tendangan ini hanya digunakan sebagai improvisasi dalam manuver serangan di menit akhir. Selalu tetap memperhatikan bola dan cobalah untuk mendapatkan sentuhan terbaik yang dapat dilakukan.

Kuatkan kiri dan letakkan lengan ke samping untuk menahan saat jatuh dengan lengan yang terbuka selebar mungkin untuk mengurangi tekanan saat bagian tubuh belakang dan kaki jatuh. Hati-hati jangan terlalu cepat saat menjatuhkan diri ke belakang

Beberapa pemain lebih memilih untuk menjatuhkan diri ke samping, daripada jatuh lurus ke belakang karena itu merupakan posisi ternyaman saat melakukan tendangan salto. Berlatihlah tendangan salto dan rasakan posisi mana yang tepat untuk dan juga dengan cara bermain.

0 komentar :

About us

Common

FAQ's

FAQ's

© 2011-2014 ZONAINFOBOLA. Designed by Bloggertheme9. Powered by Blogger.