Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknik Passing Yang Benar Dalam Futsal



Futsal merupakan suatu permainan bola dengan kondisi lapangan yang kecil.  Pada futsal pemain lebih sering menggunakan passing bawah dengan operan-operan pendek dalam pertandingan sehingga dituntut untuk menguasai teknik dasar passing atau mengumpan bola. Semakin bagus kemampuan seorang pemain dalam melakukan passing maka semakin mudah dalam menerapkan pola dan strategi permainan dalam sebuah tim. Tentunya harus diimbangi juga dengan kemampuan dan teknik yang lainnya.

Passing merupakan teknik dasar dalam permainan futsal dimana seorang pemain memberikan operan atau umpan pendek kepada salah satu rekan timnya. Teknik mengoper bola ini sangatlah penting untuk dikuasai oleh setiap pemain karena sangat sering digunakan dalam sepanjang pertandingan dibandingkan dengan umpan lambung yang lebih jarang dipakai pada lapangan berukuran kecil. 

Cara melakukan teknik passing dengan baik memang dibutuhkan penguasaan gerakan supaya bola mengarah pada sasaran yang diinginkan. Pada permukaan lapangan yang rata dan ukurannya kecil sangat perlu dilakukan operan yang keras dan akurat sehingga pola permainan futsal bisa diterapkan dengan baik.  

Ada beberapa macam cara passing bola yang sering digunakan oleh pemain dalam futsal, diantara jenis passing tersebut terdapat mengumpan dengan kaki bagian dalam, menggunakan kaki bagian luar, dan umpan dengan memakai tumit. 

Teknik passing dengan kaki dalam biasanya dilakukan oleh pemain untuk memberikan bola kepada rekannya yang berada dalam jarak yang dekat. Karena ukuran lapangan futsal yang kecil maka teknik ini sangat mendominasi dalam permainan dimana para pemain sering kali melakukan operan pendek dalam membangun strategi permainan.

Cara melakukan teknik passing dengan dengan kaki dalam bisa dilatih dengan cara posisikan bola di depan kita dan tubuh menghadap target pemain yang hendak di kasih umpan, tempatkan kaki kiri / kanan sebagai tumpuan di samping bola dengan lutut sedikit ditekuk, tarik ke belakang kaki untuk menendang lalu ayunkan ke depan sampai terkena bola, tendanglah tepat di bagian tengah bola agar bergerak lurus ke depan, biarkan kaki untuk tetap diayunkan mengikuti arah bola ke depan. 

Cara passing bola dengan kaki luar dapat dilakukan oleh pemain untuk memberikan umpan silang kepada teman satu timnya dimana posisinya berada pada tempat yang berlawanan dengan posisi pengumpan. Teknik passing dengan menggunakan kaki bagian luar juga bisa dipakai dalam membangun umpan terobosan untuk menipu lawan. 

Teknik operan dengan kaki luar bisa dilatih dengan cara posisi bola berada di samping penendang saat akan ditendang, tempatkan kaki yang dijadikan tumpuan di belakang atau sejajar dengan posisi bola, tarik ke belakang kaki penendang kemudian ayunkan ke samping hingga terkena bola, saat menendang letakkan kaki di bagian kiri atau kanan bola dan gerakan kaki biarkan tetap mengikuti arah bola untuk mengayun ke samping  

Teknik passing bola dengan tumit dapat dilakukan untuk menipu lawan saat situasi terjepit agar terhindar dari hadangan lawan atau saat kondisinya berada dalam posisi yang membelakangi gawang. Perlu kejelian saat melakukan operan ke belakang dengan cara menggunakan tumit ini yaitu untuk memastikan ada teman satu tim yang siap menerima umpan bola di belakang posisi kita dan komunikasi permainan mutlak diperlukan dalam hal ini. 

Cara untuk melakukan passing bola dengan tumit ialah dengan posisikan tubuh kita membelakangi bola, tempatkan kaki untuk menumpu di sebelah samping dari bola, kaki untuk menendang ditarik ke depan terlebih dahulu dan ayunkan ke belakang hingga tumit mengenai bola, saat melakukan tendangan, tempatkan tumit di bagian tengah bola, biarkan gerakan kaki sedikit mengayun ke belakang mengikuti arah bola, setelah mengetahui cara melakukan passing dengan benar maka perlu juga untuk memperbanyak latihan teknik dasar secara teratur sehingga kemampuan dalam mengumpan bola semakin baik.

Post a Comment for "Teknik Passing Yang Benar Dalam Futsal"