Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Detail Teknik Dasar Sepakbola

Hampir semua orang di dunia ini terutama pria pasti menyukai sepak bola, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa semua menyulainya, bahkan banyak sekali orang yang ingin mengetahui tips, trik cara bermain dan teknik dasar dalam permainan sepak bola meskipun mereka bukan pemain bola. Bukan hanya laki-laki, tidak jarang juga wanita yang suka dengan olahraga bola satu ini. 

Sepak bola sudah menjadi pertandingan rutin yang diadakan disetiap empat tahun sekali, yaitu Piala Dunia. Tak heran jika permainan yang super internasional ini banyak sekali penggemarnya. Sepak bola merupakan jenis olahraga yang dimainkan dua tim dan masing-masing timnya beranggotakan 11 orang. Permainan sepak bola menggunakan bola dari bahan kulit. 

Sepak bola adalah permainan yang dilakukan di lapangan rumput dengan bentuk persegi panjang. Dalam permainan sepak bola, hanya penjaga gawang yang diperbolehkan untuk menyentuh bola. Sedangkan pemain lain hanya diizinkan menyentuh bola menggunakan tubuh selain tangan seperti kaki, dada dan kepala.

Permainan sepakbola dimainkan oleh dua tim saat pertandingan. Kedua tim yang mampu mencetak gol paling banyak ialah pemenangnya. Akan tetapi apabila skor imbang atau sama, maka akan diberikan perpanjangan waktu atau penalti. Pada pertandingan resmi ada beberapa poin yang diberikan, yaitu 3 poin untuk pemenang, 0 poin untuk tim kalah dan 1 poin untuk kedua tim yang imbang. Meski begitu, tim pemenang bisa saja dibatalkan karena skandal ataupun tindakan kriminal. Sebuah pertandingan sepak bola kemudian bisa dimenangkan oleh tim jika skornya 3-0, atau jika tim lawan berniat mengundurkan diri. 

Dalam bermain sepak bola, ada teknik dasar yang perlu diperhatikan. Apabila teknik dikuasai, maka pemain dapat bermain dengan baik. Jika seseorang mengandalkan kemampuan tubuh saja saat bermain, tanpa memperhatikan  teknik dasar, maka seseorang tersebut akan kesulitan dalam permainan sepak bola. 

Teknik dribble merupakan gerakan menggiring bola menggunakan kaki menuju area lawan atau menerobos pertahanan lawan. Kemampuan ini perlu sekali dikuasai sehingga apabila pemain mendapat operan bola dari pemain lain, maka bisa langsung menggiring bola tersebut.

Teknik menendang dalam permainan sepakbola memiliki tujuh tipe antara lain:

  • Menendang dengan sisi dalam kaki
  • Menendang dengan sisi luar kaki
  • Menendang dengan punggung sisi dalam kaki
  • Menendang dengan punggung kaki
  • Menendang dengan ujung jari kaki
  • Menendang dengan tumit

Mengumpan bola kepada rekan akan membuat permainan lebih efektif karena kerja sama tim itu akan menghasilkan permainan yang sangat bagus daripada individual. Teknik dasar sepak bola yang satu ini merupakan teknik dasar yang pemakaiannya bersamaan dengan menendang bola. Menghentikan bola bertujuan untuk mengontrol bola, mengatur tempo dalam bermain, memudahkan dalam passing dan mengalihkan laju permainan. Terdapat macam-macam cara yang harus dilakukan guna menghentikan bola. Caranya yaitu menggunakan kaki bagian luar, dalam, punggung kaki, telapak kaki, dengan paha, dada dan perut.

Menyundul bola merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mencetak gol, mengoper, mencegah serangan lawan dan membuang bola dengan menggunakan kepala. Dalam menyundul bola, pemain melakukannya dengan menggunakan dahi pada kepala bukan menggunakan ubun-ubun karena kalau dilakukan dengan ubun-ubun itu akan berbahaya. Pemain perlu memperhatikan saat menyundul bola, supaya arah bola sesuai dengan yang diinginkan pemain.

Merebut bola adalah teknik dasar yang dilakukan untuk merebut bola dari kaki lawan bersama teman satu tim. Dalam melakukan teknik ini, Anda harus bisa membaca gerakan lawan. Selain itu, Anda perlu membaca gerakan bola secara fisik dengan menghadap lawan. Saat Anda melakukan gerak tipu saat tidak ada bola, maka Anda juga bisa memadukan gerak tipu dalam merebut bola. Hal mudah yang bisa dilakukan adalah menghadang laju bola menggunakan long pass.

 Menyapu bola atau slading tackle, yaitu gerakan dalam merebut bola. Teknik dasar menendang bola ini sangat rawan ketika dilakukan atau memiliki risiko memperoleh kartu kuning dari wasit. Dalam melakukan teknik ini, Anda perlu belajar menjatuhkan badan ke rumput dan mengetahui waktu yang pas dalam melalukan teknik ini. Sebab apabila salah sedikit saja dalam melakukannya, makabisa mendapat pelanggaran dari wasit. Adapun beberapa hal yang tidak boleh dilakukan dalam sliding tackle yaitu melakukannya dengan teknik menggunting, dari belakang lawan tackle dan mengangkat kaki ke atas.

Menangkap bola merupakan teknik dasar yang hanya boleh dilakukan oleh kiper. Karena dalam peraturan sepak bola, selain kiper pemain tidak boleh menyentuh bola. Latihan yang harus dilakukan dalam teknik dasar ini antara lain menangkap bola dari kiri ataupun kanan, dan tendangan pinalti.

Post a Comment for "Penjelasan Detail Teknik Dasar Sepakbola"